Inilah FAKTA Sosok Inspiratif Bapak PASKIBRAKA yang Selama ini Banyak Orang Nggak Tahu

Posted on

TERHITZ.COM- 72 tahun negara kita udah merdeka..Tapii., 1 pertanyaan yang mungkin kamu sendiri lupa, nggak tahu atau dulu nggak tahu sekarang lupa??#loh.. Yah apapun alasan kalian. artikel kali ini akan membantu kalian untuk lebih mengenal sosok seperti apa sih bapak paskibraka Indonesia? penasaran kan?yukk cuss kita lihat..fakta apa saja yang kita dapat tentang bapak paskibraka kita yang dilansir dari berbagai sumber.

1. TERNYATA SEORANG HABIB
Nama pencipta lagu 17 Agustus sering disingkat sebagai H. Mutahhar, yang merupakan kepanjangan dari Habib Husin Mutahhar. Beliau lahir di Semarang pada 5 Agustus 1916. habib secara bahasa berarti keturunan Rasulullah yang dicinta. Diakui sebagai seorang habib berarti H. Mutahhar memiliki kematangan dalam hal umur, memiliki ilmu yang luas, mengamalkan ilmu yang dimiliki, ikhlas terhadap apapun, wara atau berhati-hati serta bertakwa kepada Allah.
Dan yang paling penting, lanjutnya, adalah akhlak yang baik. Sebab, bagaimanapun keteladanan akan dilihat orang lain. Seseorang akan menjadi habib atau dicintai orang kalau mempunyai keteladanan yang baik dalam tingkah lakunya.

2. SEORANG PEJUANG
Sebagai pemuda pejuang, H. Mutahar juga ikut dalam “Pertempuran Lima Hari” yang heroik di Semarang.
Pertempuran lima hari di Semarang adalah serangkaian pertempuran antara rakyat Indonesia di Semarang melawan tentara Jepang pada masa transisi kekuasaan setelah Belanda yang terjadi sejak tanggal 15 Oktober 1945 sampai dengan tanggal 20 Oktober 1945. Dua penyebab utama pertempuran ini adalah karena larinya tentara Jepang dan tewasnya dr. Kariadi . Nama dr. Kariadi, yang gugur dalam pertempuran tersebut kemudian diabadikan menjadi salah satu nama Rumah Sakit di Semarang.

3. PENDIRI GERAKAN PRAMUKA DAN PASKIBRAKA
H. Mutahar aktif dalam kegiatan kepanduan. Ia adalah salah seorang tokoh utama Pandu Rakyat Indonesia, gerakan kepanduan independen yang berhaluan nasionalis.
Ketika seluruh gerakan kepanduan dilebur menjadi Gerakan Pramuka, Mutahar juga menjadi tokoh di dalamnya. Namanya juga terkait dalam mendirikan dan membina Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), tim yang beranggotakan pelajar dari berbagai penjuru Indonesia yang bertugas mengibarkan Bendera Pusaka dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI.

4. PERNAH JADI “SOPIR” BUNG KARNO…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *