TerHITZ

Bisnis+

  • Reporter:
  • Senin, 10 Oktober 2016 | 06:30
  • / 8 Muharram 1438
  • Dibaca : 63 kali

Setiap orang pasti pernah dilanda rasa malas yang luar biasa, tapi siapa bilang malas dalam belajar atau mengerjakan tugas itu nggak bisa diatasi? Kalau kamu pesimis bisa diatasi, memang niatmu kurang, guys. Maka dari itu, kencengin lagi semangatmu.

Seperti kamu ketahui, rasa malas belajar disebabkan faktor internal dan eksternal. Faktor internal misalnya kamu memang nggak suka sama topik yang kamu tekuni, sedangkan faktor eksternal semisal seniormu yang judes bukan kepalang. Tapi bukan berarti kamu harus berhenti sampai di sini. Lantas, gimana caranya biar kembali bersemangat?

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (30/5), cara mengatasi rasa malas yang bikin kamu nggak produktif.

1. Dengerin musik.

281087-kurio_males-nggak-ketulungan

Poin satu ini bukan isapan jempol belaka, lho. Mendengarkan musik favorit bisa memperbaiki mood kamu. Selain itu, jenis musik tertentu justru bisa membantu proses penyerapan informasi ke dalam otak. Nah, perlahan kamu jadi semangat belajar atau mengerjakan tugas kembali.

2. Ketemu kawan-kawan.

KURIO_MALES NGGAK KETULUNGAN

KURIO_MALES NGGAK KETULUNGAN

Kalau malas melandamu saat mengerjakan tugas, ada baiknya kamu meninggalkannya sejenak. Carilah suasana baru agar mood kamu kembali bagus. Berkumpul dengan kawan-kawan dekat bisa memberikan semangat tersendiri. Kalian bisa bercanda bersama dan saling memberi support satu sama lain.

3. Cari sarana belajar yang asyik.

KURIO_MALES NGGAK KETULUNGAN

KURIO_MALES NGGAK KETULUNGAN

Kamu malas belajar atau mengerjakan tugas mungkin karena sarananya itu-itu aja, semisal buku cetak yang hitam putih. Nah, sesekali kamu juga wajib memanfaatkan smartphone-mu untuk belajar. Pakai aplikasi berita Kurio yang bisa mendukungmu dalam belajar.

Di sini banyak informasi dari yang serius sampai yang lucu-lucu ringan dari berbagai media online. Siapa tahu ada informasi yang cocok buat materi belajarmu. Apalagi warna menunya yang colorful bikin mata segar melihatnya. Pun saat mencari informasi di sini, kamu nggak perlu susah payah menggeser-geser layarnya. Tampilannya ramah di mata. Belajar jadi asyik deh, kalau begini. Setuju?

4. Olahraga.

281097-kurio_males-nggak-ketulungan

Apa pun olahraga yang kamu sukai, tekuni. Olahraga akan meningkatkan asupan oksigen ke tubuh dan oksigen ini dibutuhkan darah sepanjang mengalir ke seluruh tubuh. Aliran darah “sehat” ini akan memberikan sensasi segar untukmu. Artinya, kamu akan bersemangat menjalani aktivitas selanjutnya. Kalau mau olahraga saja malas, mending modusin gebetan biar mau ikutan olahraga. Jadi, olahragamu nggak hambar, kan?

5. Jadwalin jalan-jalan.

KURIO_MALES NGGAK KETULUNGAN

KURIO_MALES NGGAK KETULUNGAN

Yup, kamu butuh jalan-jalan rutin. Baik itu jalan-jalan ke tempat jauh atau hanya di taman kota. Lagi-lagi, suasana baru dibutuhkan untuk menghalau rasa malas. Soalnya, rasa malas itu terlahir dari rasa bosan akibat rutinitas itu-itu mulu. Kamu bisa jalan-jalan sendiri, sama pacar, atau kawan dekat. Siapa tahu dengan jalan-jalan kamu justru mendapat inspirasi buat belajar atau mengerjakan tugas. Jadi, kamu tambah semangat, deh!

6. Makan bergizi dan istirahat cukup.

281092-1000xauto-kurio_males-nggak-ketulungan

Logika tanpa logistik nggak jalan. Kamu pernah mendengar kalimat ini? Kamu butuh asupan sehat untuk berenergi selama belajar. Makanlah sebelum beraktivitas. Tapi juga jangan asal makan. Makanan manis atau berkarbohidrat kalau dimakan berlebihan justru bikin mengantuk, dan kamu jadi malas beraktivitas, deh.

Selain itu, kamu juga harus tidur yang berkualitas. Jangan suka begadang kalau nggak terpaksa mengerjakan tugas. Waktu tidur yang kurang bisa bikin kamu malas esok harinya. Belum lagi risiko kesehatan seperti jantung dan diabetes yang mengintaimu, akibat kurang tidur.

7. Kenali diri sendiri.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


281089-kurio_males-nggak-ketulungan

Tugas terberat dalam hidup ini adalah mengalahkan diri sendiri, bukan musuhmu. Familier dengan ungkapan ini? Nah, untuk bisa menangkal rasa malas kenalilah dirimu sendiri. Kamu mau seperti apa, sih? Kamu butuh seperti apa, sih? Perhatikan pula bahwa keinginan tak selalu seiring dengan kebutuhan.

Semisal saja, kamu tipe pembelajar visual, tapi pengen terlihat keren seperti kawanmu yang tipe pembelajar audio. Temanmu bisa belajar hanya dengan mendengar, sementara kamu mendengar saja nggak cukup. Kamu butuh bukti riil di depan mata terkait pengaplikasian materi. Maka, jangan paksa dirimu seperti temanmu. Belajarlah sesuai gayamu sendiri, asal memudahkan kamu memahami materi tugas yang diberikan.

8. Belajar multitasking.

281086-kurio_males-nggak-ketulungan

Ada yang bilang multitasking itu nggak bagus karena bikin nggak fokus, ada yang bilang justru sebaliknya. Apa pun alasannya, ini hanya masalah gimana dirimu sebenarnya. Kamu bisa belajar secara multitasking, tapi temanmu nggak bisa, tentu hal ini nggak bisa dipaksakan. Tapi, dalam poin ini multitasking bukan dimaksudkan tentang materi pembelajaran, melainkan cobalah aktivitas lain saat belajar yang mendukungmu lebih mudah memahami materi.

Misalnya saja, kamu sedang belajar materi presentasi untuk esok hari, cobalah sekalian mendengarkan musik. Ini berlaku buat kamu kalau memang musik bisa membantumu belajar, kalau justru merasa berisik, nggak usah terlalu dipaksakan. Atau kamu bisa belajar sambil menulis ulang materi yang sudah kamu baca. Bisa juga kamu belajar sambil joging keliling halaman rumah sekaligus mendengarkan musik. Cara-cara seperti ini membuatmu mendapatkan pengalaman dan suasana baru dalam belajar. Jadi, kamu nggak gampang bosen dan malas.

sumber: Brilio.net

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Tambah wawasan yuk, baca artikel Selanjutnya:

loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional